Solusi untuk pesan error ketika login pada Winbox Mikrotik

0
901

Seorang pengguna yang mencoba mengakses perangkat Mikrotik melalui Winbox mungkin ditolak aksesnya dan sebagai timbal baliknya ditampilkan pesan error pada Winbox yang sayangnya tidak menjelaskan penyebab alasan mengapa akses ditolak. Sebagian besar pengguna sering bingung ketika melihat pesan error Winbox ketika mencoba mengakses router kita, terutama ketika pesan yang ditampilkan bukanlah pesan “wrong username or password” yang biasa tampil ketika kita salah memasukkan username ataupun password Mikrotik kita.

Selain pesan error Winbox yang diterima saat nama pengguna atau kata sandi yang dimasukkan salah, ada dua pesan lain yang bisa diterima saat mencoba masuk ke perangkat Mikrotik menggunakan Winbox. Kedua jenis pesan error Winbox biasanya membuat kita bingung karena pesan erro tersebut tidak menjelaskan secara rinci apa kesalahannya. Dalam artikel kali ini kita akan membahas beberapa pesan error yang sering muncul pada winbox dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca juga : Gunakan Tools Profile Mikrotik untuk mengelola penggunaan CPU router

  1. PC ​​Anda tidak berada di subnet yang sama dengan perangkat Mikrotik yang Anda coba akses. Router mikrotik telah dikonfigurasikan dengan LAN IP. Ini dilakukan untuk memungkinkan Anda bisa login kedalam winbox, sebagai contoh IP default mikrotik adalah 192.168.88.1/24 agar Anda bisa mengakses Mikrotik menggunakan Ip address tersebut, komputer Anda harus dikonfigurasikan dengan IP apa pun di subnet itu dari 2 hingga 254 dengan subnetmask 255.255.255.0 sebagai contoh anda memasukkan ip address komputer 192.168.88.2 dengan subnetmasknya yaitu 255.255.255.0. Sebagai cara alternatif jika Anda tidak bisa login kedalam winbox Anda juga bisa masuk menggunakan alamat MAC mikrotik tersebut. Login Mac diaktifkan secara default pada Mikrotik. Untuk menggunakannya, cukup hubungkan perangkat Mikrotik Anda ke PC Anda, buka aplikasi Winbox, klik pada alamat mac yang ditampilkan dan klik connect.
  2. Anda terhubung ke ether1. Kebanyakan Mikrotik memiliki settingan firewall yang telah dikonfigurasi untuk menolak akses ke Mikrotik melalui port WAN. Ether1, yang telah ditetapkan sebagai port WAN, memiliki firewall-firewall yang menolak akses kedalam Mikrotik akibatnya akan menolak semua akses apapun ke mikrotik anda. Untuk mengakses Mikrotik Anda, disarankan agar Anda menggunakan port ether2, 3, 4, dll, tergantung pada model Mikrotik Anda.
  3. Corrupt RouterOS : RouterOS bisa rusak ketika router di-reboot dari jarak jauh, ketika ada fluktuasi daya atau ketika pembaruan RouterOS tidak berfungsi dengan benar. Ketika Anda tidak bisa mengakses Mikrotik Anda sebagai hasil dari routerOS currupt, cukup instal ulang perangkat Mikrotik Anda menggunakan netinstall. Lihat cara menginstal ulang perangkat Mikrotik melalui netinstall.
  4. Kesalahan: could not fetch index. Jika Anda menerima pesan error winbox ini saat mencoba mengakses mikrotik Anda, tidak perlu mencoba tiga langkah yang dijelaskan di atas.  Ketika pesan error ini muncul itu berarti bahwa routerOS pada perangkat Mikrotik yang anda coba akses dan Winbox di komputer Anda tidak kompatibel. Anda bisa mencoba menggunakan versi winbox yang terbaru atau sebaliknya. Dalam kasus yang lain pesan error tersebut muncul karena port yang digunakan untuk mengakses mikrotik telah berubah atau tidak sesuai.Tampilan error could not fetch index winbox mikrotikJika artikel ini bermanfaat silahkan share atau berlangganan ke blog ini untuk menerima postingan terbaru yang akan di kirim melalui email dan apabila ingin disebarluaskan harap mencantumkan link sumbernya. Terimakasih

Leave a Reply